Kontak aja - Serius menggarap pasar SUV di Tanah Air. Chery Indonesia bakal merilis varian baru, Omoda 5 GT. Sementara ini mereka mengumumkan harga estimasi Rp480 jutaan. Namun saat peluncuran sebentar lagi, dijanjikan memiliki banderol semakin kompetitif. OTO.com berkesempatan menjajal langsung di kawasan BSD, Tangerang.
KEY TAKEAWAYS
Perbedaan output mencapai 53 PS dan torsi 60 Nm Transmisi pakai jenis kopling ganda, pastinya lebih responsif dibanding CVT
Perbedaan pertama ada di sektor jantung pacu. Chery Omoda 5 GT mengusung mesin 1,6 liter turbo. Ia menggunakan jenis DOHC, dengan kekuatan maksimal tembus 200 PS. Kemudian dorongan torsi puncak diraih dari putaran 2.000 rpm sampai 4.000 rpm sebesar 290 Nm. Penyaluran tenaga ke roda menggunakan transmisi DCT (kopling ganda) tujuh percepatan. Tenaga lebih kuat dibanding model biasa. Terus mode berkendara ada tiga: Eco, Normal, Sport.
Mesin Chery Omoda 5 GT
Untuk mesin Omoda 5 1.5T, jantung mekanis tertanam sama persis seperti milik Tiggo 7 Pro. Terbenam enjin 1,5 liter turbo empat silinder DOHC. Resultan pembakaran internal memberi tenaga 147 PS dan momen puntir puncak 230 Nm. Power itu ditransfer menggunakan transmisi jenis CVT (electronic shifter) yang dapat disimulasikan dalam sembilan percepatan. Cuma ada mode berkendara Eco atau Sport dalam menunjang mobilitas.
Mengacu data pabrikan, terdapat perbedaan tenaga 53 PS dan torsi 60 Nm. Chery Omoda 5 GT semakin responsif berkat sistem penyaluran DCT. Begitu injak pedal, lebih cekatan dibanding tipe CVT 9-speed. Tak perlu putaran (rpm) terlampau tinggi untuk berakselerasi kilat. Lantas bicara soal handling, tentu jauh berbeda karena konfigurasi peredaman baru.
Baca Juga: Kredit mobil daihatsu aceh barat daya
Chery Omoda 5 GT
Bagian depan tetap mengusung suspensi jenis MacPherson Strut. Namun penyangga roda belakang Chery Omoda 5 GT beralih menggunakan tipe Multi-link. Sedangkan model reguler mengandalkan Torsion Beam. Sama-sama stabil saat mobil ditekuk atau bermanuver tajam. Tapi ketika menjadi penumpang di baris kedua, rebound atau gerak translasi shock menjadi lebih lembut. Tidak terlampau keras.
Lalu kalau melihat di bagian interior, sepintas format dasbor maupun setir sama. Tapi di Omoda 5 GT diberi tambahan material soft touch di sejumlah panel. Kemudian kalau Anda lihat dari bentuk tubuh nyaris mirip unit reguler. Varian baru ini menanggalkan logo Chery di eksterior. Grille depan yang jembar hanya bermotif jaring, tanpa emblem Chery. Begitu juga di buritan. Mereka hanya menempel huruf Omoda saja.
kunjungi juga : www.salesportal.my.id
Chery Omoda 5 GT
Kelengkapan lain tetap dipertahankan. Seperti perangkat ADAS, memuat banyak fitur meliputi Autonomous Emergency Brake (AEB), Integrated Cruise Assist (ICA), Drive Away Warning (DAW), Traffic Jam Assist (TJA). Kemudian ada juga Front Collision Warning (FCW), Rear Cross Traffic Alert (RTA), Emergency Lane Keeping (ELK), Blind Spot Warning(BSW). Lanjut imbuhan Lane Departure Warning (LDW), Lane Departure Prevention (LDP), Adaptive Cruise Control (ACC), hingga Lane Keeping Assist (LKA).
Demikian juga soal perangkat standar. Omoda 5 GT memiliki enam titik airbag. Yakni di bagian depan, samping dan tirai. Peranti lain juga komplet. Konsumen diberikan rem ABS, EBD, Brake Assist System, ESP, Traction Control, Hill Start Assist, Hill Descent Control dan Tyre Pressure Monitoring System (TPMS). Kira-kira, berapa angka yang pantas buat barang baru ini?
CONVERSATION